Cara Menginstal Chrome OS Flex dalam 30 Menit, Mudah dan Sederhana

 

Cara instal Chrome OS Flex dalam 30 menit

Salah satu PC lama favorit saya adalah  Dell Inspiron One 2320 . Komputer all-in-one (AIO) dengan prosesor Intel Pentium Dual Core i5 2.4Ghz, RAM 6GB, NVIDIA GeForce GT525M, dan hard drive 320GB adalah mesin yang hebat… untuk tahun 2012. Sepuluh tahun kemudian? Tidak begitu banyak. 


Namun PC Windows 7 yang baru sekali ini masih memiliki layar HD 23 inci yang bagus. Apa yang tidak dapat dilakukan adalah menjalankan Windows 10 dengan baik, dan mari kita bahkan tidak berbicara tentang Windows 11. 


Saya dapat menjalankan Linux di dalamnya, tetapi saya sudah memiliki banyak PC Linux, jadi saya mencoba sesuatu yang berbeda: Saya memutuskan untuk menginstal  Google Chrome OS Fleksibel  di atasnya. 


Saya telah meninggalkan Windows 7 di mesin ini, yang merupakan sistem akuntansi khusus. Saya telah memutuskannya dari internet, karena menjalankan Windows 7 pada PC yang terhubung ke internet hanya meminta untuk diretas. Seperti kebanyakan PC Windows lama, itu melambat ke titik di mana pada dasarnya tidak berguna. Hanya mem-boot-nya akan memakan waktu -- saya tidak bercanda -- tiga menit.


Namun Chrome OS Flex, yang merupakan inti dari sistem Linux, dapat berjalan di komputer berdaya rendah. Seberapa rendah itu bisa pergi? Menurut Google,  persyaratan minimum Chrome OS Flex  adalah:


Perangkat yang kompatibel dengan Intel atau AMD x86-64-bit (tidak akan bekerja dengan prosesor 32-bit)

RAM: 4 GB

Penyimpanan internal: 16 GB

Dapat di-boot dari drive USB

BIOS: Akses administrator penuh (Anda harus mem-boot dari penginstal Chrome OS Flex USB dan melakukan beberapa penyesuaian di BIOS jika Anda mengalami masalah)


Ini bermuara pada fakta bahwa jika Anda memiliki PC yang dibuat pada tahun 2010 atau lebih baru, itu akan berfungsi. Ini mungkin bekerja dengan komponen yang lebih tua jika Anda merasa ingin bertualang. Namun, jika Anda menjalankan kotak dengan perangkat keras grafis Intel GMA 500, 600, 3600, atau 3650, Anda meminta masalah. 


Jika Anda ingin cukup yakin itu akan berfungsi di komputer lama Anda, Anda dapat memeriksa untuk melihat apakah itu terdaftar di  daftar model Google Chrome OS Flex Certified . Inspiron One 2320 saya? Tidak, saya mengambil nyawa komputer saya di tangan saya. Aku baik-baik saja dengan itu. 


Sebelum Anda mengikuti jejak saya, ada beberapa hal yang harus Anda ingat. Pertama, memindahkan PC Anda dari Windows, macOS, atau apa pun ke Chrome OS Flex adalah perjalanan satu arah. Semuanya -- aplikasi, foto ibu, file QuickBooks Anda -- di drive lama Anda akan menguap.


 Jika Anda ingin menyimpan apa pun, cadangkan file penting Anda ke komputer lain,  penyimpanan cloud , atau  Penyimpanan Terlampir Jaringan (NAS) . Jika tidak, cium semuanya selamat tinggal.


Setelah mencadangkan file saya ke  QNAP TS-253D-4G 2 Bay NAS saya, langkah saya selanjutnya adalah membuat drive instalasi Chrome OS Flex USB. Dengan sebagian besar distribusi Linux, Anda dapat membuat dan menggunakan disk CD atau DVD yang dapat di-boot. Untuk penginstalan Chrome OS Flex satu kali, Anda harus menggunakan drive USB.


Baca Juga : Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Windows 10 atau Windows 11


Drive Anda harus berukuran minimal 8 GB; Chrome OS Flex tidak kecil. Anda juga tidak boleh mencoba ini dengan drive stik USB Sandisk, karena drive ini tidak selalu berfungsi karena alasan tertentu. Saya menggunakan  drive Attache 3 PNY 32GB . 


Karena ini hanya mendukung USB 2.0, mereka tidak ideal untuk mesin yang lebih baru (untuk itu, saya akan menggunakan  PNY 32GB Turbo Attache 3 , yang mendukung standar USB 3 yang lebih cepat). Karena kotak lama saya hanya memiliki port USB 2.0, bagaimanapun, drive USB yang lebih murah dan lebih lambat akan baik-baik saja. 


Salah satu alasan mengapa saya menggunakan drive USB sebesar itu adalah karena saya ingin menguji mesin saya sebelum saya berkomitmen untuk menginstal Chrome OS Flex di dalamnya. Bagaimana? Google mengizinkan Anda  menjalankan Chrome OS Flex dari drive USB . 


cara mudah install chrome OS Flex hanya dalam 30 menit

Ia bekerja sama seperti instalasi penuh. Tetapi alih-alih menggunakan hard drive atau solid-state drive (SSD), itu malah menjalankan stik USB itu sendiri, sambil tetap menggunakan prosesor komputer, memori, koneksi jaringan, dan semua jazz itu.


 Dengan melakukan ini, Anda dapat yakin sistem operasi baru akan berjalan di PC Anda tanpa bahaya kehilangan pengaturan yang ada. Satu-satunya perbedaan nyata adalah tidak akan secepat versi yang diinstal karena Anda menggunakan drive stik USB.


Untuk membuat drive penginstalan USB, Anda tidak memerlukan program pembakar USB pihak ketiga. Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan perangkat Chrome OS, Windows, atau Mac apa pun dengan versi browser Chrome saat ini. Sayangnya, Anda tidak dapat melakukannya di PC Linux. 


Di PC lain, cukup buka browser web Chrome Anda dan tambahkan  ekstensi Utilitas Pemulihan Chromebook  dengan mengeklik tautan ekstensi. Itu saja. 


Setelah selesai, pastikan pen drive USB Anda siap digunakan. Ingatlah bahwa dengan menjadikannya drive penginstalan, Anda akan menghapus semua yang ada di dalamnya. 


Kemudian, lakukan langkah-langkah berikut:


Mulai ekstensi Utilitas Pemulihan Chrome.

Klik Mulai.

Klik Pilih model dari daftar.

Pilih produsen, temukan dan klik Google Chrome OS Flex.

Pilih produk, temukan dan klik Chrome OS Flex.

Pilih pen drive Anda dari dropdown -- pastikan Anda memilih drive yang tepat.

Klik Lanjutkan, diikuti oleh Buat sekarang.

Itu cukup sederhana. 


Mengunduh Chrome OS Flex akan memakan waktu beberapa menit, tergantung pada kecepatan internet Anda. Di sistem saya dengan koneksi serat 1 Gigabit per detik (Gbps), butuh waktu kurang dari 10 menit. Seluruh proses pembuatan drive instalasi memakan waktu 15 menit. 


Setelah itu, saya pergi ke Dell lama saya dan mencolokkan drive USB, dan menyalakannya. Selanjutnya, saya menekan tombol pemilihan bootnya. 


Kemungkinan Anda tidak tahu apa itu untuk kotak Anda; kebanyakan orang tidak perlu repot dengan itu. Kunci ini memungkinkan Anda untuk memilih cara alternatif untuk mem-boot komputer Anda. Biasanya, Anda selalu menggunakan drive utama PC Anda. Namun, di sini, Anda ingin memilih drive USB. Di Dell saya, itu kunci F12. Untuk komputer lain, lihat daftar  kunci PC umum Google .


Kemudian, seperti yang saya sebutkan di atas, saya sarankan Anda mencobanya terlebih dahulu untuk memastikan Chrome OS Flex berfungsi untuk Anda. Jika ya, reboot mesin Anda, pilih untuk menginstal Chrome OS Flex, dan Anda akan siap. 


Bukan untukmu? Keluarkan saja drive USB, reboot mesin Anda, dan gunakan kunci boot alternatif untuk kembali ke drive utama Anda. Anda akan kembali ke tempat Anda memulai. 


Pada mesin lama saya, saya membutuhkan waktu sekitar 15 menit dari memilih untuk menginstalnya hingga menjalankannya.


Jika Anda menginginkan lebih dari Chrome OS Flex, Anda juga dapat menginstal Linux di dalamnya. Anda menggunakan teknik yang sama persis seperti yang Anda lakukan untuk  menginstal Linux di Chromebook  (ini opsional; Anda tidak perlu melakukannya). Namun, Anda tidak dapat menginstal Android atau sistem operasi dual-boot, seperti Windows, pada sistem Chrome OS Flex baru Anda. 


Saya beralih dari memiliki PC yang benar-benar tidak berfungsi menjadi memiliki sistem Chrome OS Flex yang berguna. Memang, ini menjadi stasiun kerja konferensi video default saya. 


Jika Anda juga memiliki mesin lama yang membutuhkan masa pakai baru, saya tidak dapat merekomendasikan Chrome OS Flex dengan cukup tinggi. Sangat mudah untuk menginstal dan bahkan dapat membuat PC antik berguna lagi. 

Comments

Popular posts from this blog

Bagaimana memulihkan file yang dihapus di Windows 10 atau 11